Image and video hosting by TinyPic

Percepat Rekam Data e-KTP Pemprov Bantu Mobil Pelayanan

Perwata Batam

12 Desember 2012 - 09:28 WIB

BATAM (BP) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kepri memberikan bantuan satu mobil pelayanan e-KTP kepada Pemko Batam, kemarin. Keberadaan mobil ini diharapkan bisa membantu mempercepat perekaman e-KTP di Batam yang berakhir 31 Desember 2012.
Kepala Disdukcapil Kepri Herizal Hood, mengatakan, pemberian satu unit minibus itu karena Batam merupakan kota percontohan. Dia mengatakan, mobil e-KTP dilengkapi alat perekaman seperti sidik jari, server, kamera, iris mata, genset.


”Perekaman pun dilakukan secara online. Artinya, perekaman bisa dilakukan di mana saja, karena sudah terkoneksi dengan server yang ada di kantor pusat,” ujar Herizal usai penyerahan mobil e-KTP di pelantaran parkir Pemko Batam, Batam Centre, Selasa (11/12).
Setelah perekaman, nantinya reserver pusat akan membedakan dimana penduduk tersebut tinggal. ”Tak masalah, karena pusatlah yang memebedakan. Contohnya bagi yang merekam di daerah Sekupang, meski dia tinggal di Batam Centre, pusatlah yang memilih tempat tinggalnya di kecamatan mana. Ini serba online,” tuturnya
 
Herizal menjelaskan, bantuan tersebut adalah arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Tujuannya untuk membantu mempercepat proses perekaman. ”Semoga perekaman e-KTP di Batam dapat berjalan lancar dan semua warga terbantu dengan adanya mobil ini,” ujarnya.

Kepala Disdukcapil Batam Sadri Khairuddin, menyebutkan, mobil tersebut akan mulai dioperasikan 14 Desember di kawasan Sekupang. Mobil itu juga direncanakan akan menjangkau sembilan kecamatan lain di kota ini. ”Kita tempatkan mobil ini di pusat keramaian, seperti pasar dan tempat-tempat acara, seperti 16 Desember nanti di Barelang. Pokoknya setiap kecamatan ada kita gilir untuk mendapat pelayanan mobil e-KTP. Tapi mengenai waktu jam waktu beroperasinya belum bisa saya sebutkan. Nanti kita susun dulu jadwal pastinya,” ujar Sadri.
Sejak dimulainya perekaman e-KTP, pihaknya telah merekam 76 persen dari target yang 80 persen warga Batam.
”Grafik yang merekam e-KTP sudah mulai melambat, karena sudah banyak juga yang sudah merekam. Sekitar 300 ribu e-KTP telah selesai kita cetak. Rencananya awal Februari nanti akan segera kita bagikan,” Sadri.  (S (20)

0 Responses

Posting Komentar

ngukus ngukus ngukus