Image and video hosting by TinyPic

Jalan2 ke Dapur Redaksi

PERWATA BATAM

Redaksi Berita

Stasiun TV memiliki redaksi berita dan tim liputan sebagai bagian dari struktur organisasi stasiun televisi. Namun bagian pemberitaan sebagai salah satu unit dalam perusahaan televisi, memiliki struktur dan sifat yang tidak sama dengan bagian lain. Perbedaan ini terletak dari pola kerja redaksi.
Struktur organisasi bagian pemberitaan stasiun televisi, biasanya terdiri dari sejumlah jabatan secara garis besar dimulai dari:

  1. Direktur pemberitaan,direktur pemberitaan yang baikadalah seseorang yang independen. Bahkan ia harus independen dari pemilik stasiun TV. Sebab untuk melaporkan berita secara akurat dan adil, redaksi pemberitaan terlebih direktur pemberitaan harus bebas dari tekanan apapun.
  2. Executive produser, ia bertanggung jawab akan penampilan jangka panjang program berita secara keseluruhan.Ia memikirkan setting, tampilan berita, gaya pembukaan dan penutupan program berita.
  3. Poduser, biasanya stasiun TV mempunyai tiga hingga empat program berita dalam sehari. Masing-masing program tersebut dipimpin oleh satu atau beberapa. produser. Ia akan memutuskan berita-berita apa saja yang akan disiarkan, durasinya, format aapa yang dipakai (paket, reader, inetractive dll)
  4. Kordinator liputan, Mengkoordinasikan tim liputan. Menunjuk reporter dan jurukamera mana yang akan meliput.
  5. Reporter, melakukan kegiatan reportase. Observasi, melobi narasumber, wawancara, membuat naskah berita
  6. Juru kamera, mengambil gambar dan memastikannya semua shoot yang dibutuhkan untuk keperluan berita telah direkam.
Kebijakan Redaksioanal
Kebijakan redaksional adalah suatau aturan yang dibuatoleh redaksi yang bersangkutan terkait dengan :
  1. Visi dan misi redaksi
  2. Cara teknis / manajemen redaksi saat melakukan pekerjaan peliputan.
Tentunya kedua hal ini akan mewarnai isi berita serta sistem kerja redaksi. Perlu diperhatikan bahwa setiap dapur redaksi (bila TV dibaca stasiun TV) mempunyai kebijakan redaksional yang berbeda-beda. Tidak ada satupun yang mempunyai kebijakan redaksioanal yang sama

Sumber : roemahilmu










Sumber Photo : http://jogie.wordpress.com

0 Responses

Posting Komentar

ngukus ngukus ngukus