Image and video hosting by TinyPic

Kato Pitra Chorlina Di Tanjung Alai


dr Face booknyo pipit...

rame bgt ada anjing dmn2... Ternyat msh semangat ikt berburu rame... Pasca gempa d ranah minang...

Blog dusanak awak ..... Klik disiko

Buru Babi Wisata



Babi hutan adalah hama yang sering menjadi salah satu hama yang merusak pertanian didaerah ini, terutama di daerah Tanjung Alai X Koto Dibawah. Membasmi babi hutan tidaklah mudah, karena selain binatang ini cukup besar dan menakutkan bagi sementara orang, populasi babi juga tumbuh dengan cepat. Untuk mengatasi hal ini, dari dahulu para lelaki Minang memburu babi ini secara berkelompok. Mereka ditemani oleh anjing anjing peliharaan yang telah dilatih untuk mengendus keberadaan babi hutan ini. Perburuan babi bisa berlangsung sehari penuh, masuk hutan keluar hutan melewati jurang dan bukit.

Pada masa sekarang kegiatan ini telah berubah dari sekedar pemberantasan hama menjadi kegiatan olahraga alam yang menarik minat banyak orang, termasuk dari luar daerah Sumatera Barat yang notabene tidaklah ada sangkut pautnya dengan tanaman yang dirusak oleh sang babi yang akan dikejar kejar. Mereka datang karena kegiatan ini mengandung unsur olahraga yang sangat menantang fisik maupun mental. Mereka juga membentuk organisasi PORBI ( Persatuan Olahraga Buru Babi ) untuk menentukan jadwal dan lokasi buru babi. Boleh dikata setiap minggu selalu ada kegiatan memberantas hama sekaligus rekreasi ini.
Dinas Pariwisata Kabupaten Solok kemudian membuat event "resmi" buru babi yang disebut Buru Babi Wisata.

Para wisatawan domestik maupun mancanegara diikutkan dalam acara buru babi ini. Kegiatan ini ternyata menarik minat banyak orang. Karena selain membantu para petani memberantas hama, mereka juga dapat menikmati ketegangan berburu babi sekaligus berolahraga dan menikmati keindahan alam sepanjang jalur perburuan.

Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

ngukus ngukus ngukus